Mengenal Kayu Pasang (Lithocarpus spp. dan Quercus spp.)

Di luar negeri kita mengenal kayu oak. Kayu pasang inilah jenis "oak" yang dimiliki Indonesia. Selain oak, kayu ini di negara lain juga dikenal dengan nama spike dan sunda oak (Inggris).

Tempat tumbuh dan penyebaran
Di Indonesia pohon pasang tersebar di mana-mana. Akan tetapi, jenis Lithocarpus elegans, L. sundaicus, dan Quercus lineata penyebarannya terbatas di Sumatera, seluruh Jawa, dan Kalimantan Timur.

Pohon pasang suka tumbuh di tanah yang agak basah seperti pinggiran sungai yang kadang-kadang tergenang air. Umumnya tumbuh pada ketinggian 50-1800 m dpi. Iklim daerah biasanya tipe A dan B.

Ciri-ciri
Pada kondisi lahan yang optimum, pohon pasang dapat mencapai tinggi 30 m, panjang batang bebas cabang 10-20 m, dan diameter 100 cm. Pohon berbanir dengan ketinggian banir mencapai 4 m. Tajuk pohon pasang umumnya seperti tajuk pohon lainnya. Urat daun pohon hampir mirip dengan urat daun pohon mangga (Mangifera indica) dan pohon cempedak [Arthocarpus campeden). Buahnya mempunyai kulit seperti kulit buah salak (ZaJaca edulis) hanya saja kulit buah pasang relatif lebih halus dan lebih kecil.

Pohon pasang berbuah dan berbunga setiap tahun, bahkan hampir sepanjang tahun. Di Sumatera buah masak pada bulan Maret, sementara di Jawa pada bulan Agustus-November.

Biji yang masih segar daya kecambahnya bisa mencapai 80%. Sementara biji-biji yang telah disimpan lebih dari 3 minggu daya kecambahnya bisa turun menjadi sekitar 50% saja.

Kegunaan
Kayu pasang ini banyak diminati konsumen karena selain warnanya yang putih kecokelatan hingga merah cokelat, juga mempunyai alur-alur indah sehingga sangat bagus untuk mebel. Untuk venir, kayu pasang mempunyai keistimewaan yakni bisa langsung dikupas dengan sudut 92°30M tanpa perlakuan pendahuluan. Juga, karena sifat fisiknya yang bagus dan keras kayu ini sering digunakan oleh para kusir atau pemilik gerobak untuk bahan baku batang gerobak.


Kayu pasang dari jenis Quercus lineata mempunyai berat jenis rata-rata 1 (0,94-1,10). Oleh karena itu jenis ini banyak dimanfaatkan untuk konstruksi jembatan dan balok pada pembangunan perumahan.

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP