Mengenal Pengolahan Kayu Industri Penggergajian

Untuk menghasilkan papan ataupun potongan-potongan kayu dengan berbagai ukuran, industri penggergajian merupakan penentunya. Sepintas penggergajian nampak sebagai kegiatan yang sederhana. Padahal pelaksanaannya relatif rumit dan memerlukan keahlian tertentu untuk menentukan tahapan-tahapan pemotongan log yang tersedia. Hal ini berkaitan dengan efisiensi dan pemanfaatan kayu secara maksimal.
Rumitnya kegiatan penggergajian terlihat dari banyaknya tahapan yang harus dilakukan antara lain meliputi pengulitan, penentuan ukuran, pemotongan ujung, pemotongan pinggir, pemilahan, penumpukan, pengeringan, pengetaman, dan penyortiran hasil berdasarkan kualitas.


Untuk menghasilkan produk berupa panel-panel kayu, industri penggergajian tidak dapat terlepas dari industri kayu olahan atau moulding. Profil-profil kayu dengan berbagai ukuran, spesifikasi, dan kegunaan dihasilkan oleh industri ini. Dari industri moulding jugalah kita bisa mendapatkan produk-produk kayu olahan yang senantiasa berkembang sesuai dengan selera masyarakat dan perkembangan jaman.

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP