Mengenal Kayu Kamper (Dryobalanops spp.)

Kayu kamper sangat dikenal dalam dunia perdagangan. Nama lainnya adalah kapur. Di negara lain kapur merupakan kayu yang dikenal berasal dari Indonesia. Hal ini tersirat dari nama yang menggunakan embel-embel Indonesia di belakangnya seperti indonesian kapur (Inggris dan USA), capur d' indonesia (Perancis), capur indonesiano (Spanyol dan Italia), indonesisk kapur (Swedia), dan indonesische kapur (Jerman).

Tempat tumbuh dan penyebaran
Kamper tumbuh baik di daerah dengan tipe hujan A dan B pada ketinggian 60-400 m dpi. Umumnya pohon hidup berkelompok, dan permudaan alamnya mudah terjadi pada hutan primer.

Di Indonesia pohon kamper tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan seluruh wilayah Kalimantan.

Ciri-ciri
Kayu kamper memiliki bau khas, yakni berbau kamper sesuai namanya. Jenis Dryobalanops aromatica mempunyai bau yang sangat mencolok. Selain dari baunya, kamper dapat dikenali dari warna kayu terasnya yang cokelat kemerahan atau merah-cokelat-kelabu dan warna kayu gubalnya yang berwarna agak kuning muda atau hampir putih. Tekstur kayu kamper tergolong kasar dan arah serat kayunya lurus. Kayu ini sangat keras dengan BJ rata-rata 0,81.

Pohon kamper memiliki penampakan yang bagus. Batangnya lurus dan silindris dengan tajuk kecil. Batang pohon terkadang berbanir hingga 2 m. Tinggi pohon berkisar 35-45 m dan dapat mencapai 60 m. Diameter batang antara 80-100 cm. Pohon tidak berbuah setiap tahun. Jumlah buah DryobaJanops aromatica kering ± 98 butir per kg, sedangkan untuk D. lanceolata 181 butir per kg.

Kegunaan

Dengan sifat-sifat seperti di atas kayu kamper sangat cocok untuk digunakan sebagai bantalan rel kereta api, bahan bangunan, lantai rumah, rangka pintu dan jendela, tubuh kapal, dan lain-lainnya. Beberapa arsitek mebel saat ini bahkan telah melakukan spesialisasi produk mebel dari kayu kamper.

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP